You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan JATIREJO
Kalurahan JATIREJO

Kap. Lendah, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KALURAHAN JATIREJO, KAPANEWON LENDAH, KAB. KULON PROGO

BUMDES BINANGUN JATI UNGGUL JATIREJO

Administrator 29 Agustus 2019 Dibaca 1.522 Kali
BUMDES BINANGUN JATI UNGGUL JATIREJO

BUMDES Binangun Jati Unggul Jatirejo merupakan Badan Usaha Milik Desa yang berlokasi di Komples Balai Desa Jatirejo Kecamatan Lendah Kabupaten Kulon Progo. Saat ini BUMDES Binangun Jati Unggul Jatirejo memiliki 2 unit usaha yaitu Unit Jasa Keuangan dan Unit Perdagangan & Produksi Pertanian. Jenis kegiatan Unit Jasa Keuangan antara lain Jasa Simpan Pinjam, sedangkan produk yang dihasilkan dari Unit Perdagangan & Produksi Pertanian antara lain Produksi Beras Jati Unggul yang dijual melalui warung/toko dan Tomira, penanaman tanaman produktif (jahe dan pisang), penjualan paket parcel, dan penjualan produk UMKM lainnya.

Pada tahun 2018-2019, BUMDES Binangun Jati Unggul memperoleh bantuan Dana Program PIID-PEL Kemendes Pengolahan Komoditas Padi sebanyak 1,5 Milyar.

PIID-PEL (Program Pilot Inkubasi Inovasi Desa Pengembangan Ekonomi Lokal )merupakan perwujudan dari ruang lingkup Program Inovasi Desa yang dituliskan pada dokumen Keputusan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 48 tahun 2018 tentang Pedoman Umum Program Inovasi Desa.  Program PIID-PEL dimaksudkan untuk memberikan dana stimulan dan technical assistant kepada Desa terpilih agar dapat mengembangkan produktivitas perekonomiannya.

Program Pilot Inkubasi Inovasi Desa Pengembangan Ekonomi Lokal ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas kelembagaan ekonomi, kegiatan produksi dan jaringan pasar dari kegiatan ekonomi masyarakat di perdesaan melalui “Kemitraan”. Melalui program ini akan difasilitasi dan didorong agar terjadi pengembangan produk unggulan desa melalui kemitraan. Dengan demikian diharapkan akan meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan ekonomi guna mengurangi kemiskinan di Perdesaan.

Pada tahun 2018 BUMDES Binangun Jati Unggul Jatirejo terpilih sebagai salah satu inovator di Kecamatan Lendah oleh TPID (Tim Pelaksana Inovasi Desa) Kecamatan Lendah. Ada 2 hal yang digarisbawahi dari sepak terjang BUMDES Jati Unggul yaitu,

1. Aplikasi keuangan yang dimiliki oleh Unit Jasa Keuangan yang saat ini merupakan satu-satunya di Kabupaten Kulon Progo

2. Usaha pengolahan komoditas padi yang dikelola oleh Unit Perdagangan dan Produksi Pertanian.

Selain itu, BUMDES Jati Unggul juga merupakan BUMDES Terbaik (dari 88 Desa di Kulon Progo) dan BUMDES dengan Kinerja Terbaik se-Kulon Progo.

Video tentang BUMDES Binangun Jati Unggul Jatirejo dapat dilihat di link dibawah ini :

Capturing BUMBES Jati Unggul oleh TPID Kecamatan Lendah

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image